Beritaskor.com – Bergabung dengan Manchester United merupakan mimpi yang jadi nyata bagi Sofyan Amrabat. Namun sayang, mimpi besarnya itu tidak semanis kenyataan yang ada.

Nama Sofyan Amrabat sebelumnya tidak terlalu mencuat di kancah sepak bola Eropa. Namun Piala Dunia 2022 mengubah nasibnya.

Ia berhasil menjadi salah satu pilar timnas Maroko yang jadi kejutan selama turnamen tersebut. Ia berhasil membawa negaranya lolos ke babak semifinal.

Semenjak saat itu, Amrabat langsung mencuri perhatian dan dinobatkan sebagai salah satu gelandang terbaik di gelaran akbar tersebut. Tak ayal banyak klub yang mengantri untuk mendapatkan jasanya di musim panas tahun lalu.

Sang gelandang akhirnya memutuskan bergabung dengan Manchester United. Namun siapa sangka, transfer impiannya itu malah berakhir jadi bencana.

Simak pemaparan selengkapnya di bawah ini.

Transfer Penuh Drama

Saga transfer Amrabat di musim panas tahun lalu memang berjalan cukup dramatis.

Sang gelandang menerima banyak sekali tawaran untuk pindah. Namun ada satu klub yang benar-benar menarik perhatiannya, yaitu Manchester United.

Erik Ten Hag pada saat itu sedang mencari pelapis sekaligus pesaing Casemiro di pos gelandang bertahan Setan Merah. Ia kepincut dengan aksi Amrabat di Piala Dunia 2022 silam.

Amrabat sendiri sangat mendambakan pindah ke Manchester United. Itulah mengapa ia menolak banyak tawaran demi menunggu MU meminangnya.

MU sendiri sempat maju mundur untuk merekrut Amrabat. Pasalnya di musim panas kemarin mereka sudah melewati batas FFP sehingga mereka tidak bisa membeli sang gelandang dari Fiorentina.

Akan tetap Amrabat tetap bersabar menunggu, dan bahkan ia sampai mogok latihan di pra musim Fiorentina demi bisa pindah ke MU. Kesabaran Amrabat itu berbuah manis, karena di deadline day bursa transfer musim panas kemarin, MU berhasil meminjamnya dari Fiorentina.

Start Tidak Mulus

Amrabat dan Manchester United berharap sang gelandang bisa langsung terlibat di skuat mereka seusai transfer itu kelar. Namun kenyataannya tidak demikian.

Amrabat harus absen tampil di tim utama MU selama dua pekan. Ia mengalami cedera sehingga ia harus menepi sejenak dari tim utama Setan Merah.

Amrabat sendiri baru mendapatkan debutnya pada tanggal 23 September 2023 kemarin. Ia masuk sebagai pemain pengganti dan hanya bermain satu menit saja saat MU menang di kandang Burnley.

Gagal Penuhi Ekspektasi

Amrabat sendiri bisa dikatakan mendapatkan jam bermain yang cukup banyak di awal kedatangannya. Pasalnya MU pada saat itu lagi dihantam badai cedera.

Awalnya Erik Ten Hag memainkan Amrabat di posisi yang bukan posisi aslinya. Ia diminta mengover pos bek kiri karena Luke Shaw dan Tyrell Malacia mengalami cedera.

Seiring bergabungnya Sergio Reguilon, ia mulai digeser ke posisi gelandang bertahan. Namun perfroma sang gelandang bisa dikatakan jauh dari kata memuaskan.

Ia keteteran dengan tempo dan aspek fisik dan juga kecepatan di Liga Inggris. Alhasil banyak yang kurang puas dengan penampilan sang gelandang.

Kalah dari Bocil

Surutnya karir Amrabat di MU dimulai dengan pulihnya Kobbie Mainoo dari cedera. Gelandang muda Setan Merah itu mulai kembali memperkuat MU di akhir November 2023 silam.

Perlahan tapi pasti, bocah 18 tahun itu berhasil menjadi starter reguler di lini tengah Setan Merah. Situasi Amrabat semakin sulit setelah Casemiro sembuh dari cedera, sehingga ia tersisih dari skuat Manchester United.

Sejak pertengahan Desember kemarin, Amrabat tidak sekalipun mendapatkan kesempatan menjadi starter. Ia baru bermain sejak menit awal saat Manchester United berhadapan dengan Nottingham Forest pada dini hari tadi, di mana ia kembali diplot sebagai bek kiri dadakan karena cedera yang menimpa Luke Shaw.

Bakal Dipulangkan

Selama enam bulan memperkuat Manchester United, sang gelandang nampaknya gagal membuat Erik Ten Hag terkesan.

Laporan Manchester Evening News menyebutkan bahwa MU sebenarnya punya klausul untuk mempermanenkan Amrabat di musim panas nanti. Namun Ten Hag enggan untuk mengaktifkan klausul tersebut.

Ia menilai Amrabat tidak sanggup beradaptasi dengan iklim sepak bola Inggris. Ketimbang hanya jadi beban, sang pelatih memutuskan untuk memulangkan Amrabat ke Fiorentina di musim panas nanti.

By BeritaSkor

BeritaSkor - Situs Berita dan Update Skor Terbaru (Update Setiap Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *