Menuju Piala Asia 2023, Ini 5 Pesaing Indonesia

Duniasports.com – Indonesia berani bersaing sebagai salah satu kandidat tuan rumah Piala Asia 2023. Hingga kini, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belum menentukan tuan rumah untuk kompetisi tersebut.

PSSI telah memenuhi syarat untuk menjadi penyelenggara Piala Asia 2023. Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran final tahun depan menjadi penyebabnya.

AFC hanya menerima pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023 dari 24 negara yang bermain di putaran final pada tahun depan.

Tuan rumah Piala Asia 2023 lowong akibat pengunduran diri China. Negeri Tirai Bambu itu masih fokus menghadapi wabah virus corona dan menjalankan kebijakan nol COVID-19.

Kabar dari Media Korea Selatan dan Malaysia

Media Korea Selatan, Korea JoongAng Daily melaporkan bahwa lima negara berminat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Kelima negara itu adalah Qatar, Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Namun, peluang Australia cukup kecil untuk terpilih sebagai penyelenggara Piala Asia 2023 karena telah menjadi host untuk Piala Dunia Wanita 2023 pada Juli tahun depan.

Media Malaysia, New Straits Times mengabarkan bahwa Qatar bakal memundurkan Piala Asia dari 2023 menjadi 2024 jika terpilih sebagai tuan rumah.

Bagaimana Sikap PSSI?

Praktis, tinggal Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi yang menjadi kandidat terkuat tuan rumah Piala Asia 2023 andai AFC memutuskan turnamen untuk tetap berlangsung sesuai jadwal.

Lantas, bagaimana dengan PSSI? Organisasi pimpinan Mochamad Iriawan itu belum memutuskan pilihan untuk maju ke bursa pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023 atau tidak.

PSSI masih mempertimbangkan sejumlah keadaan, termasuk faktor Indonesia sebagai tuan rumah Piala Duni U-20 2023.

Bungkus Transfer Tchouameni, Real Madrid Punya Banyak Opsi Lini Tengah

Menunggu Situasi

AFC kabarnya telah menetapkan tenggat waktu pengajuan calon tuan rumah Piala Asia 2023 hingga akhir Juni 2022.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya masih fokus untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang jadwalnya kemungkinan berdekatan dengan Piala Asia 2023.

Piala Dunia U-20 2023 belum mempunyai jadwal pasti, namun diprediksi akan digelar pada Mei-Juni tahun depan.

“Kami menunggu dulu. Kami fokus ke Piala Dunia U-20 2023. Kami lihat perkembangannya. Nanti berikutnya, kami akan jelaskan soal tuan rumah Piala Asia 2023. Yang jelas, Piala Dunia U-20 2023 nomor satu buat kami,” imbuh Iriawan.

Sumber: Bola.net

By BeritaSkor

BeritaSkor - Situs Berita dan Update Skor Terbaru (Update Setiap Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *