Beritaskor.com – Jose Mourinho mengakui bahwa AS Roma mengambil risiko besar dengan memakai formasi yang tidak lazim, usai mengalahkan Cremonese dengan susah payah di Coppa Italia.

Roma sukses comeback pada laga babak 16 besar Coppa Italia 2023/24. Bermain di Stadio Olimpico, Kamis (04/01/2024) dini hari WIB, Giallorossi kalahkan sang lawan dengan skor 2-1.

Lorenzo Pellegrini dan kolega tertinggal terlebih dahulu di babak pertama setelah Frank Tsadjout mencetak gol. Namun, babak kedua Roma berhasil memukul balik Cremonese lewat gol dari Romelu Lukaku dan eksekusi penalti dari Paulo Dybala.

Dengan kemenangan ini, Roma berhasil melaju ke babak perempat final Coppa Italia dan sudah ditunggu oleh sang rival yakni Lazio.

Simak komentar Mourinho di bawah ini.

Pakai Formasi Tidak Lazim
Pasca pertandingan, Mourinho menceritakan bahwa awal pertandingan mereka memakai pakem 3-5-2. Namun setelah kebobolan, pria asal Portugal mengganti formasi tersebut dengan pakem yang tidak lazim yakni 2-4-4 tanpa pemain bek tengah murni.

“Secara keseluruhan, kami tidak terlalu kesulitan. Kami layak mendapatkan respek atas semua yang kami lakukan dalam semua kesulitan ini,” ucap Mourinho.

“Saya ragu banyak tim yang memenangkan pertandingan ketika bermain tanpa [memakai] satu pun pemain bek tengah.”

Krisis Bek Tengah
Tak dipungkiri, Roma pada pertandingan kali ini dihinggapi kondisi krisis bek tengah. Pemain-pemain seperti Chris Smalling, Marash Kumbulla, sedang menepi. Sedangkan, Gianluca Mancini serta Evan N’Dicka diistirahatkan.

Praktis Mourinho memasang bek ‘darurat’ yakni Bryan Cristante untuk berduet dengan Diego Llorente dan Mehmet Zeki Celik dalam menggalang lini pertahanan.

“Ini adalah risiko besar yang hanya kami ambil dalam keadaan darurat. Tim ini terbiasa dengan permainan dengan pressing tinggi, namun kami tidak memiliki bek tengah,” kata Mourinho.

“Kami menjalani 20 pertandingan beruntun tanpa Chris Smalling, itu adalah situasi yang dramatis bagi kami. Tidak memiliki Kumbulla, sekarang kehilangan Ndicka yang telah bekerja sangat keras dan telah berkembang pesat, ini semua adalah situasi yang sangat sulit bagi kami.”

Hadapi Situasi Pelik
Jadwal pertandingan yang padat tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi Giallorossi, karena mereka akan menghadapi Atalanta dan Milan di Serie A pekan mendatang.

“Saya tidak tahu bagaimana kami akan melanjutkannya, ada pertandingan yang sangat penting untuk dimainkan pada hari Minggu, inilah yang kami miliki.

“Jika kami membutuhkan Lukaku untuk bermain di lini belakang, maka dia akan bermain. Kami bermain dengan hati, menghormati klub dan para penggemar.

“Kami akan menghadapi Atalanta terlebih dahulu, kemudian Lazio di Coppa Italia. Azmoun akan absen pekan depan, Mancini cedera dan terkena kartu kuning, Paredes dan Cristante terkena akumulasi kartu, saya tidak tahu bagaimana kondisi kami saat menghadapi Lazio dan Milan.

“Yang saya tahu adalah bahwa kami akan memberikan semua yang kami miliki,” pungkas pelatih asal Portugal.

By BeritaSkor

BeritaSkor - Situs Berita dan Update Skor Terbaru (Update Setiap Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *