kandidat pemain muda terbaik

Timnas Indonesia menjadi negara yang paling dominan mengirim pemain sebagai kandidat Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020. Dari enam pemain yang masuk nominasi, ada tiga nama dari Timnas Indonesia.

Piala AFF 2020 kini memasuki babak final. Dua tim yang akan berlaga pada laga puncak yakni Timnas Indonesia dan Thailand. Partai final akan digelar dengan sistem dua leg, 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Jelang laga final, AFF mengumumkan enam pemain yang masuk nominasi Pemain Muda Terbaik. Enam pemain itu dipilih dari semua negara yang bermain. Salah satu kriteria, selain performa, pemain ini harus berusia di bawah 21 tahun.

Baca juga: Jadwal TV Pekan Ini: 28 – 31 Desember 2021

Lantas, siapa saja pemain yang masuk dalam nominasi kandidat Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020? Simak di bawah ini:

Pratama Arhan (Indonesia)

Pratama Arhan menjadi salah satu pemain muda paling bersinar di Piala AFF 2020. Walau posisinya bek kanan, Arhan bermain sangat agresif dan mampu mencetak dua gol.

Pemain 20 tahun ini hanya sekali absen di Piala AFF, yakni pada duel lawan Laos karena cedera. Satu hal yang tidak bisa dilewatkan dari Arhan adalah kemampuan eksekusi bola mati dan lemparan ke dalam yang jauh.

Sieng Chanthea (Kamboja)

Kandidat Pemain Muda

Langkah Kamboja di Piala AFF 2020 ini terhenti pada fase grup. Tapi, situasi itu tidak berarti performa mereka buruk. Para pemain Kamboja tampil bagus, salah satunya Sieng Chanthea.

Penyerang 19 tahun itu mencetak satu gol untuk Kamboja, yakni saat menang atas Laos dengan skor 3-0. Sieng Chanthea selalu dimainkan oleh pelatih Ryu Hirose pada laga fase grup.

Alfeandra Dewangga (Indonesia)

Kandidat Pemain Muda

Dewangga adalah pemain yang spesial bagi Timnas Indonesia. Dia selalu bermain penuh dari enam laga yang sudah dimainkan Indonesia. Dewangga secara teknis adalah pemain yang sangat bagus.

Dewangga bisa menjadi bek tengah dan gelandang bertahan sekaligus, sesuai situasi di lapangan. Dewangga juga punya statistik istimewa yakni 25 sapuan, 23 intersep, empat blok, dan empat umpan kunci.

Paulo Gali (Timor Leste)

Kandidat Pemain Muda

Timor Leste gagal meraih satu poin pun di Piala AFF. Pada empat laga di Grup A, Timor Leste menjadi bulan-bulanan lawan dan selalu kalah. Tapi, nama Paulo Gali tetap masuk nominasi.

Paulo Gali memang spesial. Sebab, dia baru berusia 16 tahun. Pada usia itu, dia sudah menjadi pemain yang penting bagi Timor Leste. Paulo Gali diprediksi punya potensi sangat besar di masa depan.

Witan Sulaeman (Indonesia)

Witan tampil sangat konsisten untuk Timnas Indonesia di Piala AFF. Dia punya kemampuan yang spesial, bisa memainkan banyak peran dan posisi di lini depan.

Witan telah mencetak dua gol dan tiga assist di Piala AFF. Pemain 20 tahun tidak pernah absen pada enam laga yang dimainkan Indonesia di Piala AFF. Salah satu aksi terbaiknya yakni pada leg kedua babak semifinal melawan Singapura.

Thanawat Suengchitthawon (Thailand)

Thanawat hanya sekali absen dari enam laga yang dimainkan Thailand pada Piala AFF 2020. Pemain 21 tahun itu pun diprediksi bakal jadi andalan bagi Mano Polking pada laga final melawan Indonesia.

Dari lima laga yang sudah dimainkan, Thanawat mencatatkan 286 menit. Pemain yang membela klub Leicester City itu sangat kuat dalam bertahan dan menyerang. Thanawat membuat lima intersep, empat sapuan, enam umpan kunci, dan akurasi umpan hingga 90 persen.

Sumber: AFF Suzuki Cup

By BeritaSkor

BeritaSkor - Situs Berita dan Update Skor Terbaru (Update Setiap Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *